Pendaftaran Universitas Trisakti (USAKTI) 2024-2025
Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan informasi tentang Pendaftaran Universitas Trisakti (USAKTI) 2024-2025
Universitas Trisakti |
Program Studi
Program D3
- Akuntansi Sektor Publik
- Desain Komunikasi Visual
- Keuangan dan Perbankan Syariah
- Manajemen Jasa
- Perpajakan
Program D4
- Keuangan
Program Profesi
- Profesi Akuntan
- Profesi Dokter
- Profesi Dokter Gigi
- Program Profesi Insinyur
Program S1
- Akuntansi
- Arsitektur
- Arsitektur Lansekap
- Desain Interior
- Desain Komunikasi Visual
- Desain Produk
- Ekonomi Pembangunan
- Fotografi
- Ilmu Hukum
- Manajemen
- Pendidikan Dokter
- Pendidikan Dokter Gigi
- Perencanaan Wilayah Dan Kota
- Sistem Informasi
- Teknik Elektro
- Teknik Geologi
- Teknik Industri
- Teknik Informatika
- Teknik Lingkungan
- Teknik Mesin
- Teknik Perminyakan
- Teknik Pertambangan
- Teknik Sipil
Program S2
- Akuntansi
- Arsitektur
- Desain Produk
- Ilmu Ekonomi
- Ilmu HukumIlmu Kedokteran Gigi
- Manajemen
- Teknik Elektro
- Teknik Geologi
- Teknik Industri
- Teknik Mesin
- Teknik Perminyakan
- Teknik Sipil
Program S3
- Arsitektur
- Ilmu Ekonomi
- Ilmu Hukum
- Ilmu Kedokteran Gigi
- Teknik Industri
- Spesialis
- Konservasi Gigi
Pendaftaran Universitas Trisakti
Persyaratan Umum
Calon mahasiswa baru harus memenuhi persyaratan untuk memilih program studi yang diperlihatkan pada Tabel 2.1 dan mengunggah persyaratan pendaftaran yang terdiri dari: a. pas foto terbaru berukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang berwarna biru;
b. pindai (scan) kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar) berwarna;
c. surat keterangan Tidak Buta Warna bagi calon mahasiswa FK, FKG, FTSP (khusus Program Studi Arsitektur), FTI (kecuali Program Studi Sistem Informasi), FTKE, FALTL dan FSRD yang diperoleh dari dokter Pusat Medis Trisakti (PMT), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau RS pemerintah minimum Tipe C
Calon mahasiswa yang dapat mendaftar melalui jalur Ujian Saringan Masuk adalah lulusan SMA (SMA, MA, SMK, Paket C, SMTA luar negeri). Khusus untuk program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi, calon mahasiswa adalah lulusan SMA 3 tahun terakhir (lulusan tahun 2020, 2021, 2022). Calon mahasiswa dapat memilih dua (2) program studi dengan memperhatikan syarat pada Tabel 2.1
Seleksi Nilai Rapot
Syarat tambahan untuk calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Rapor/PSSB adalah:
1. Calon mahasiswa adalah lulusan SMA, MA, SMK, Paket C, SMTA luar negeri 3 tahun terakhir (lulusan tahun 2020, 2021, 2022).
2. Tidak pernah tinggal kelas selama di SMA/MA/SMK.
3. Mempunyai prestasi dan potensi akademik yang baik.
4. Mengisi nilai rapor dan mengunggah pindaian rapor berwarna Kelas 10 dan 11, khusus yang memilih FK dan FKG sampai rapor Kelas 12 semester I.
5. Khusus calon mahasiswa Desain Produk, Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual (DKV) wajib mengunggah contoh gambar, dan calon mahasiswa Fotografi wajib mengunggah contoh foto yang pernah dibuat.
6. Mengisi peringkat Akreditasi Sekolah dan Tahun Akreditasi.
Mahasiswa Pindahan
3.5.1 Pengertian
Mahasiswa Transfer adalah mahasiswa aktif yang dikarenakan sesuatu dan lain hal melakukan perpindahan dengan membawa sejumlah sks tertentu. Program Penerimaan Mahasiswa Pindahan dibedakan menjadi dua yaitu:
1. Program perpindahan dalam satu program pendidikan (akademik ke akademik) dalam level/jenjang yang setara dan belum memiliki ijazah.
2. Program perpindahan antar program pendidikan yaitu lulusan dari sebuah program studi yang ingin melanjutkan pendidikan formalnya, yaitu antar jenjang Diploma atau dari Diploma Tiga ke Sarjana/Sarjana Terapan.
3.5.2 Ketentuan Umum
Universitas Trisakti dapat menerima mahasiswa pindahan dari program studi yang berbeda dalam lingkungan Universitas Trisakti dan dari luar Universitas Trisakti, selama dapat memenuhi ketentuan dan bersedia mematuhi peraturan yang berlaku di lingkungan Universitas Trisakti, baik program pendidikan sarjana maupun diploma. Program studi asal harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi luar negeri harus dapat menunjukkan hasil penyetaraan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemdikbud pada saat Registrasi. Ketentuan mahasiswa pindahan yang tidak diatur dalam peraturan, ditentukan oleh masing-masing Fakultas dan harus memperoleh persetujuan dari Fakultas dan Jurusan yang dituju.
3.5.3 Persyaratan Akademik
1. Masih dalam batas masa studi dan tidak putus studi/drop out (DO) dan kuliah tidak lebih dari 5 semester pada perguruan tinggi asal.
2. Sudah menjalani kuliah minimal 2 (dua) semester dengan IPK >= 2,50 dari Perguruan Tinggi Asal, untuk program perpindahan dalam satu program pendidikan, sedangkan untuk program perpindahan antar program pendidikan >= 2,75.
3. Berasal dari program studi dengan akreditasi minimal B.
4. Jumlah sks yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Asal oleh mahasiswa yang bersangkutan paling sedikit adalah n x 12 (dua belas) sks tanpa nilai D dan E (n adalah jumlah semester yang telah ditempuh).
5. Wajib mengikuti tes yang ditentukan oleh Fakultas.
6. Mentaati ketentuan akademik yang berlaku dalam lingkup Universitas Trisakti.
7. Transkrip nilai konversi diproses oleh Jurusan/Program Studi dan diajukan ke fakultas. Dekan akan mengusulkan penyetaraan mata kuliah kepada Wakil Rektor Bidang Akademik untuk mendapatkan persetujuan.
8. Masa studi dari Universitas/Fakultas/Program Studi asal, diperhitungkan dalam masa studi Fakultas/Program Studi yang baru sesuai sks yang diterima.
9. Lama studi maksimal sama dengan total sks lulus di Universitas Trisakti dikurangi total sks yang diakui dibagi 12 sks.
10.Jumlah sks yang diakui ditetapkan melalui proses penyetaraan, dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Bagi Mahasiswa pindahan yang berasal dari Perguruan Tinggi di luar Usakti, 1) Program Studi menerima Mahasiswa Pindahan dari Program Studi yang memiliki status akreditasi dengan peringkat: lebih tinggi, sama, atau satu tingkat lebih rendah.
2) Apabila status Akreditasi Perguruan Tinggi asalnya adalah Sama atau Lebih Tinggi, maka yang dapat di akui adalah maksimal 80% dari sks yang diperoleh dengan nilai minimal C, namun tidak melebihi 100 sks.
3) Apabila status Akreditasi Perguruan Tinggi asalnya adalah Lebih Rendah Satu Tingkat, maka yang dapat diakui adalah maksimal 70% dari sks yang diperoleh dari perguruan tinggi asal dengan nilai minimal C, namun tidak melebihi 100 sks.
b. Bagi Mahasiswa pindahan yang berasal dari Program Pendidikan / Program Studi lingkup Universitas Trisakti, maka yang dapat diakui adalah maksimal 85% dari sks yang dibawa dengan nilai minimal C.
3.5.4 Persyaratan Administrasi
1. Persyaratan dokumen bagi Mahasiswa Pindahan adalah sebagai berikut:
a. Transkrip akademik yang dilegalisir.
b. Ijazah Diploma/SKL (Surat Keterangan Lulus) untuk program perpindahan antar program pendidikan.
c. Surat keterangan pindah dan status terakhir mahasiswa dari Perguruan Tinggi Asal.
d. Surat keterangan Tidak Buta Warna bagi calon mahasiswa FK, FKG, FTSP (khusus Program Studi Arsitektur), FTI (kecuali Program Studi Sistem Informasi), FTKE, FALTL dan FSRD yang diperoleh dari dokter Pusat Medis Trisakti (PMT), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau RS pemerintah minimum Tipe C. e. Sertifikat Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi Asal/Cetak Tanda Bukti Akreditasi Program Studi dari BAN-PT.
f. Bukti bahwa calon mahasiswa tercantum dalam pangkalan data perguruan tinggi berupa screenshot hasil pencarian nama calon mahasiswa pada https://pddikti.kemdikbud.go.id
2. Membayar biaya pendidikan yang besarannya sesuai dengan ketentuan biaya pendidikan yang berlaku pada Tahun Akademik berjalan untuk mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa).
3. Bagi mahasiswa pindahan lintas Program Studi, diatur tersendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Fakultas yang bersangkutan.
4. Untuk perpindahan mahasiswa antar Fakultas dalam lingkup Universitas Trisakti, disahkan dengan Keputusan Rektor atas pertimbangan Dekan terkait.
5. Biaya SPP yang sudah dibayarkan, akan diperhitungkan secara proporsional berdasarkan masa studi yang telah dicapai.
6. Bagi mahasiswa pindahan dari luar negeri, harus berasal dari Perguruan Tinggi yang diakui oleh Ditjen Dikti dan melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah resmi serta telah disahkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi