Pendaftaran Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) 2023-2024
Universitas Pembangunan Panca Budi (disingkat UNPAB) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Medan. Pengelolaannya oleh Yayasan Prof. DR. H. Kadirun Yahya. Kampus utama Unversitas Pembangunan Panca Budi terletak di Jl. Jendral Gatot Subroto KM. 4,5 Sei Sikambing, Medan, Sumatra Utara. Selain kampus utama, terdapat pula Kampus II yang terletak di Jl. Timor No. 27D, Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, dan Kampus III yang terletak di Jl. Ayahanda No.10, Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.
Sejarah
Pendirian Akademi Metaphysika
Universitas Pembangunan Panca Budi semula berdiri dengan nama Akademi Metaphysika, di bawah naungan Yayasan Akademi Metaphysika. Akademi ini didirikan pada tanggal 27 November 1956. Pendirinya bernama Kadirun Yahya. Nota pendirian Akademi Metaphysika adalah Akte Notaris Nomor 97 tahun 1956.
Pergantian status menjadi universitas
Kemudian pada tahun 1961, Akademi Metaphysika berubah menjadi Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB). Tanggal pendiriannya ditetapkan pada tanggal 19 Desember 1961. UNPAB kemudian didaftarkan ke Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 13 Juli 1964. Nomor pendaftarannya adalah 85/B-SWT/P/64. Ketika didaftarkan, fakultas di Universitas Pembangunan Panca Budi meliputi Fakultas Hukum dan Filsafat, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Kerohanian dan Metafisika.
Pengembangan program studi dan fakultas
Pada tahun 1976, didirikan program studi baru di Universitas Pembangunan Panca Budi, yaitu Program Studi Peternakan. Lalu pada tahun 1977, didirikanlah Fakultas Pertanian untuk menaungi Program Studi Peternakan yang berdiri setahun sebelumnya.
Kemudian pada tahun 1978 dibukalah Fakultas Arsitektur dan Lansekap. Pada tahun 1981 berdirilah Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Program Studi Agroteknologi, dan pada tahun 1984 dibukalah Program Studi Teknik Elektro, yang kemudian disusul dengan berdirinya Fakultas Teknik dan Fakultas Tarbiyah (Studi Islam) pada tahun 1985, dan bergabunglah Fakultas Arsitektur dan Lansekap ke dalam Fakultas Teknik. Setahun kemudian dibukalah Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Program Studi Pendidikan Agama Islam di bawah Fakultas Tarbiyah.
Menyesuaikan dengan tuntutan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka pada tahun 1998 Fakultas Teknik membuka program studi baru yaitu Sistem Komputer (S-1) dan Teknik Komputer (D-3). Kemudian pada tahun 2007 ditetapkanlah tata kelola untuk Program Pasca Sarjana, dan dibukalah Program Studi Magister Ilmu Hukum.
Pada tahun 2013 Program Studi Arsitektur Lanskap berubah menjadi Program Studi Arsitektur. Pada tahun 2014 dibukalah Program Studi Perpajakan (D-3) di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan didirikanlah Program Studi Magister Manajemen di bawah Program Pasca Sarjana. Kemudian pada tahun 2014 ini, Fakultas Teknik dimekarkan menjadi Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik membawahi Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Arsitektur, sementara Fakultas Ilmu Komputer menaungi Program Studi Sistem Komputer (S-1) dan Program Studi Teknik Komputer (D-3).
Setahun kemudian, pada tahun 2015 dibukalah Kampus II Universitas Pembangunan Panca Budi yang menjadi gedung perkuliahan bagi Program Pasca Sarjana. Dan pada tahun 2017 Universitas Pembangunan Panca Budi membuka kembali sebuah program studi baru, yaitu Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Pada tahun 2018 diterbitkanlah regulasi Tata Kelola Universitas berdasarkan SK Rektor Nomor: 116/02/R/2017 tentang perubahan nama dan penggabungan rumpun pengelolaan prodi di lingkungan Universitas Pembangunan Panca Budi, yaitu penggabungan Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Sosial Sains, yang mengasuh 4 program studi (Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Hukum).
Selain itu, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer dilebur dan berubah nama menjadi Fakultas Sains dan Teknologi, yang membawahi 6 Program Studi, yakni Program Studi Arsitektur (S-1), Program Studi Teknik Elektro (S-1), Program Studi Sistem Komputer (S-1), Program Studi Peternakan (S-1), Program Studi Agroteknologi (S-1), dan Program Studi Teknik Komputer (D-3).
Kegiatan belajar mengajar di Universitas Pembangunan Panca Budi juga tidak terlepas dari dukungan beberapa lembaga penunjang, seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Ilmu Pengetahuan (LPPIP), yang berdiri pada tahun 2008 dan berubah menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada tahun 2010; Lembaga Pengembangan Profesi (LPPro) yang berdiri pada tahun 2010, Biro Student Advisory Center (SAC) yang berdiri tahun 2009, Unit Kewirausahaan Mahasiswa Center (UKMC) pada tahun 2011, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) yang berdiri pada tahun 2016, Pusat Usaha dan Inkubator UNPAB (PUIU) yang berdiri tahun 2017, serta fasilitas E-learning (pembelajaran daring) yang didirikan pada tahun 2013.
Fakultas
Fakultas Agama Islam dan Humaniora
- Ilmu Filsafat
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Sains dan Teknologi
- Agroteknologi
- Peternakan
- Sistem Informasi
- Teknik Arsitektur
- Teknik Elektro
- Teknik Komputer
Fakultas Sosial Sains
- Akuntansi
- Ekonomi Pembangunan
- Ilmu Hukum
- Manajemen
- Perpajakan (D-III)
Program Pasca Sarjana
- Magister Hukum
- Magister Manajemen
PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Gelombang Pendaftaran :
- Gelombang I : 6 Maret 2023 – 10 Juni 2023
- Gelombang II : 12 Juni 2023 – 22 Juli 2023
- Gelombang III : 24 Juli 2023 – 9 September 2023
- Jadwal Pendaftaran Kelas Karyawan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
Dokumen Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru
Adapun kelengkapan berkas yang harus dilengkapi sebagai syarat mendaftar sebagai mahasiswa di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan adalah sebagai berikut
- Fotocopy Ijazah SMA 2 Lembar.
- Salinan Nilai SLTA atau yang sederajat atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) 2 Lembar.
- Pas Photo terbaru 3 x 4 = 4 lembar.
- Fotocopy KTP/SIM = 2 lembar.
- Fotocopy Kartu Keluarga = 2 lembar.
- Fotocopy Kartu BPJS Kesehatan (Jika ada).
- Membayar biaya pendaftaran dan Daftar Ulang yang ditetapkan.
- Menandatangani surat pernyataan di atas materai 6000.
- Berkelakuan baik dan berbadan sehat.
- Tidak terlibat penyalahgunaan NARKOBA.
- Bagi Warga Negara Asing (WNA) kecuali berijazah SMU/SMK/MA harus mendapat persetujuan dari Depdiknas.
- Mengikuti Ujian Test Potensi Akademik (TPA) Online.
- Bagi mahasiswa Pindahan/Lanjutan, wajib melengkapi persyaratan berikut ini:
- Fotocopy Ijazah D3 + Transkrip D3 yang dileges 2 Lembar.
- Surat Pindah dari kampus sebelumnya.
- Salinan nilai dari kampus sebelumnya.
- Mendapatkan Rekomendasi Ka. Prodi yang dituju.
- IPK yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Swasta asal minimal 3,00 dari skala 4,00 dan dari Perguruan Tinggi Negeri asal minimal 2,75 dari skala 4,00.